Mengenal Manfaat pada Cold Brew Coffee serta Cara Membuatnya

Mengenal Manfaat pada Cold Brew Coffee serta Cara Membuatnya

Kopi menjadi salah satu minuman yang disenangi oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Tidak jarang masyarakat harus menghadirkan kopi dalam berbagai kegiatan misalnya saat berkumpul, melakukan aktivitas dan lainnya. Tentunya ditemani kopi akan menambah sensasi dalam melakukan berbagai kegiatan.

Banyaknya jenis kopi tentu memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dipilih dan dirasakan. Racikan yang muncul tentu untuk melihat fungsi dan rasa yang sesuai, salah satunya yang dinikmati yaitu cold brew coffee. Kehadiran cold brew coffee dikatakan memiliki perbedaan dengan kopi biasanya sehingga akan dibahas dibawah ini.

 

Lebih Dekat dengan Cold Brew Coffee

Kemunculan cold brew coffee digadang-gadang menjadi salah satu favorit bagi seluruh kalangan. Hal ini karena proses yang dilakukan memakan waktu perendaman bubuk dengan dicampur air dingin selama 8 – 24 jam. Tentu dapat dipastikan bahwa kopi ini memiliki kualitas yang tinggi tepatnya saat mencicipi.

Rasa yang didapat saat meminum cold brew coffee memiliki asam yang rendah dengan rasa kafein yang tinggi karena perendaman tersebut. Kadar kafein yang muncul pada cold brew coffee terhitung rendah karena proses ekstrak yang lama. Tentu selama melakukan perendaman tersebut harus memiliki bubuk yang banyak dari biasanya.

Cold brew coffee sendiri memang memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemunculan kopi ini juga memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan. Tentunya sudah banyak penelitian yang membuktikan dan menyarankan untuk meminum cold brew coffee.

 

Langkah Pembuatan Cold Brew Coffee

Ketika mengetahui proses yang dilalui cold brew coffee, maka sebagian orang ingin mencoba dalam membuatnya. Tentu proses membuat cold brew coffee tidak sulit untuk diterapkan sehingga sangat cocok untuk di simpan. Berikut merupakan langkah membuat cold brew coffee, simak dibawah ini.

  • Menggiling secara kasar pada biji kopi disesuaikan dengan selera.
  • Menambahkan 226 gram bubuk kopi pada wadah serta 480 ml air.
  • Diaduk secara perlahan.
  • Tutup wadah serta biarkan kopi direndam pada kulkas kurang lebih 12 – 24 jam.
  • Setelah selesai, lakukan penyaringan pada kopi secara halus.
  • Tuangkan kopi pada wadah lain dan buang ampas.
  • Kopi yang telah disaring tersebut merupakan konsentrat cold brew coffee.
  • Menutup wadah dengan keadaan kedap udara.
  • Simpan konsetrat pada lemari es kurang lebih 2 minggu.
  • Saat diminum langsung tambahkan 120 ml air dingin pada cangkir konsetrat.
  • Cold brew coffee siap dihidangkan.

 

Manfaat yang ada pada Cold Brew Coffee

Kemunculan cold brew coffee menguntungkan bagi pecinta kopi. Selain dengan rasa sesuai dengan cita rasa lidah, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang akan didapatkan. Berikut merupakan manfaat yang ada pada cold brew coffee setelah mengkonsumsi yaitu.

1.      Panjang Umur

Banyak yang mengetahui bahwa selama mengkonsumsi kopi akan mengurangi risiko kematian. Faktanya adalah kopi tersebut dapat memanjangkan umur dengan berbagai penelitian bahwa diatas usia 50 tahun sering terjadi masalah seperti stroke, diabetes, serangan jantung dan lainnya dapat dicegah dengan kopi.

Tentu kaitan langsung dengan kandungan yang ada pada cold brew coffee. Pasalnya memiliki kandungan antioksidan yaitu polifenol ditambah asam klorogenat serta hidroksi sinamat. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah kerusakan tepatnya pada sel sehingga terhindar dari penyakit yang kronis.

2.      Mengurangkan Risiko Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes saat ini sudah sangat banyak dimiliki tepatnya di Indonesia. Sudah dipastikan berbahaya secara langsung karena dapat membunuh secara perlahan. Hal ini dapat dicegah jika mengkonsumsi cold brew coffee, selain hobi meminum kopi juga memiliki kandungan yang baik.

Pasalnya cold brew coffee memiliki peptide usus yang berguna untuk mengontrol serta melambatkan pencernaan maupun menstabilkan kadar gula. Ditambah memiliki manfaat asam klorogenat yang menghasilkan antioksidan. Tentu diabetes tipe 2 ini dapat menurunkan risiko yang ada pada cold brew coffee.

3.      Tidak Memunculkan Asam Lambung pada Tubuh

Kebanyakan seseorang tidak menyukai kopi karena akan menaikkan asam lambung pada tubuh. Hal ini karena kondisi lambung naik ke tenggorokan dan memunculkan iritasi pada tubuh. Pasalnya kehadiran cold brew coffee memiliki kadar asam lebih rendah dibandingkan kopi lainnya saat di konsumsi.

Hal tersebut dijelaskan lebih lanjut oleh berbagai penelitian karena cold brew coffee memiliki kandungan polisakarida. Fungsi pada kandungan tersebut untuk meningkatkan kekebalan pada sistem pencernaan. Tentu erat kaitan dengan usus dan efek kopi sehingga tidak terjadi iritasi atau dikategorikan aman.

 

Sekian ulasan terkait cold brew coffee yang dapat diberikan. Manfaat serta cara pembuatan yang telah diuraikan dapat menjadikan cold brew coffee sebagai pilihan tepat untuk menemani keseharian aktivitas. Tentunya saat meminum ini harus dibatasi selama perhari nya sehingga tidak akan terjadi masalah lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *