Prinsip Menjaga Badan Tetap Hangat Ketika Cuaca di Alam Liar Berubah Dingin

Prinsip Menjaga Badan Tetap Hangat Ketika Cuaca di Alam Liar Berubah Dingin

Para pecinta gunung alias pendaki gunung harus membiasakan diri kontak dengan cuaca dingin. Namun ada suhu-suhu tertentu dimana mereka diharuskan mengetahui prinsip menjaga badan tetap hangat supaya tidak terjadi hipotermia. Anda yang hendak mendaki gunung di cuaca dingin perlu membekali diri dengan pengetahuan ini supaya bisa tetap selamat.

Persiapan yang matang menjadi kunci berikutnya untuk bisa tetap bertahan hidup di alam liar. Menjaga badan tetap hangat berguna untuk mencegah terjadinya pembekuan aliran darah. Jadi Anda tidak hanya perlu melindungi diri dari tanah basah saja.

Prinsip Menjaga Badan tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Memacu adrenalin dengan mendaki gunung tinggi bersalju memang mengasyikkan. Hanya saja perlu pengetahuan dan persiapan peralatan yang matang untuk bisa bertahan hidup. Ingat bahwa hal ini bukan lagi perkara main-main karena menyangkut nyawa.

  1. Selalu Jaga Pakaian Tetap Bersih

Prinsip pertama yang harus ditekankan kepada para pendaki di gunung bersalju adalah selalu jaga pakaian tetap bersih. Pendaki biasanya membawa pakaian dengan jumlah tertentu saja di dalam tas. Maka dari itu jangan sampai boros berganti baju karena fungsi dari pakaian sendiri juga sebagai isolator dari hawa dingin.

Berhati-hatilah setiap kali Anda memasak minuman atau makanan saat berkemah. Membuat pakaian menjadi basaho juga bisa mengurangi daya isolasi panas tubuh. Hindarkan juga dari kejadian seperti terpeleset sampai jatuh rebahan di atas salju.

  1. Gunakan Pakaian yang Tepat dan Berlapis

Atur pakaian yang dibawa menjadi pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuh. Pakaian ini tidak boleh terlalu ketat karena bisa menghambat sirkulasi darah. Sirkulasi darah sendiri penting untuk menjaga tubuh tetap hangat juga.

Sebaiknya Anda membawa dan menggunakan pakaian yang tidak terlalu longgar tetapi juga tidak terlalu ketat pada lapisan yang dekat dengan kulit. Pastikan Anda membawa cadangan sarung tangan kaos kaki tebal juga di dalam tas. Ketika sewaktu-waktu suhu drop dari suhu normalnya maka Anda bisa menutupi tangan dan kaki dengan lapisan tambahan karena kedua bagian ini tidak bisa menghasilkan panas terlalu banyak.

  1. Jangan Terlalu Kelelahan

Para pendaki seringkali memaksakan diri ketika belum mencapai tempat tujuan. Padahal untuk bisa bertahan hidup di alam liar bersuhu dingin sampai minus maka seseorang tidak boleh sampai terlalu kelelahan. Orang yang berada di tahap terlalu kelelahan biasanya akan berkeringat.

Padahal keringat sendiri dapat membuat tubuh menjadi lebih dingin dan otomatis menghilangkan molekul panas yang terjebak di dalam jaket atau pakaian berlapis. Dengan kata lain keringat mirip dengan cara alami tubuh agar tetap dingin. Situasi seperti itu sangat berbahaya ketika seseorang berada di alam liar.

  1. Jaga Tenda dan Kantong Tidur Tetap Kering

Saat seseorang berada di situasi pendakian alam di suhu minus maka tidak hanya baju saja yang perlu dijaga tetap kering. Anda juga perlu menjaga tenda dan kantong tidur tetap kering sehingga Anda bisa tidur tanpa harus merasa kedinginan. Apabila tidak sengaja basah maka Anda bisa mencari tempat yang masih terkena sinar matahari dan menjemur tenda atau kantong tidur yang basah tadi.

Pada dasarnya cari juga tempat yang berangin karena kombinasi antara matahari dan angin bisa mengeringkan barang-barang Anda yang basah. Pada saat hendak tidur pun tidak boleh langsung meletakkan kantung tidur di atas tanah bersalju. Gunakan alas yang anti air sehingga kantung tidur bisa tetap kering selama beristirahat.

  1. Ikuti Seluruh Panduan Bertahan Hidup

Anda sudah mengetahui keempat poin untuk bertahan hidup di tempat dingin sebelumnya. Sekarang penting bagi Anda untuk selalu mengikuti panduan bertahan hidup di tempat yang bersalju. Beberapa panduan akan mencatat barang-barang yang perlu Anda bawa:

  • Pelindung kepala atau topi yang hangat
  • Bawa mantel tambahan yang nantinya bisa digunakan di atas kantong tidur
  • Selalu memakai kaos kaki yang kering dan bersih
  • Gunakan pakaian berlapis lebih dari dua lapis
  • Selalu bawa persediaan air minum secukupnya
  • Bawa makanan yang tinggi kalori
  • Bawa korek api dan pastikan kondisinya tertutup rapat sehingga terhindar dari air atau salju yang cair
  1. Selalu Jaga Tubuh Tetap Fit

Selama pendakian berlangsung maka Anda harus mengusahakan badan tetap fit. Situasi seperti masuk angin bisa membahayakan diri karena berada di alam liar. Di alam liar tidak ada apotek maupun rumah sakit.

Maka dari itu usahakan membawa suplemen tertentu. Tidak masalah juga membawa ramuan tertentu asal Asia yang berfungsi mencegah badan masuk angin. Istilah masuk angin sendiri adalah kondisi saat aliran darah tidak dapat mengalir dengan baik.

Anda sudah memahami seluruh prinsip di atas. Pastikan untuk mengikuti seluruh prinsip tadi agar bisa bertahan hidup di alam liar saat suhunya minus.


Leave a Reply

Your email address will not be published.