Tips Backpacking Bagi Beginner

mountain climbing equipment

Berwisata ke tempat yang ramai biasanya kurang bisa membuat tubuh rileks. Tak heran beberapa orang memilih backpacker dan bepergian ke tempat-tempat yang masih asri keindahan alamnya. Setiap orang yang hendak melakukan liburan seperti ini wajib tahu tips backpacking.

Backpacking sendiri dapat dilakukan oleh pemula dengan nyaman sehingga bisa menghabiskan liburan dengan kenangan berharga. Tak jarang bepergian backpacking dapat membuat adrenalin kembali terpacu. Tentu saja pergi  backpacking menjelajahi alam liar bukan hal yang main-main dan harus selalu waspada.

Beberapa Tips Backpacking Bagi Beginner

Siapapun yang masih awam dalam menjelajahi alam yang terbuka maka harus membekali diri dengan pengetahuan yang mumpuni. Selain pengetahuan pun juga harus mempersiapkan peralatan secara lengkap. Lihat beberapa persiapan yang harus Anda lakukan di bawah ini.

  1. Bepergian dengan Partner Berpengalaman

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai backpacking yakni Anda perlu cari teman yang sudah berpengalaman. Biasanya orang-orang tersebut akan dengan senang hati menemani Anda bepergian ke alam terbuka. Kalau Anda tidak memiliki teman yang seperti itu maka bisa mencoba bergabung dengan komunitas  backpacker di kota tempat tinggal.

Di komunitas tersebut Anda bisa berkenalan dengan banyak orang yang sudah berpengalaman. Jika sudah punya koneksi maka Anda bisa berjanjian dengannya untuk berangkat di jadwal tertentu.

  1. Pilih Rute Tertentu

Perbanyak literasi Anda mengenai suatu medan alam liar yang diinginkan. Jangan memberikan kesimpulan terlalu cepat dan terus cari tahu. Penting juga untuk memperhatikan banyak faktor seperti yang akan dijelaskan berikut:

  • Konsumsi waktu: Pada saat memilih rute setiap penjelajah harus memperhatikan butuh berapa lama waktu. Usahakan Anda tidak menjelajahi tempat yang menghabiskan banyak waktu seperti berhari-hari sebagai perjalanan pertama.
  • Kebutuhan kebugaran: Banyak dari tempat menjelajah perlu tingkat kebugaran tinggi. Sebelum melaksanakan perjalanan pertama maka Anda perlu meningkatkan kekuatan fisik. Perbanyak olahraga untuk bisa meningkatkan kebugaran sehingga pada saat perjalanan pertama tidak menyusahkan rekan satu tim.
  • Jarak: Pertimbangan yang mempengaruhi jarak pendakian juga harus dilakukan. Pastikan seluruh pendakian berjalan nyaman dalam sehari. Pada pendakian pertama ini Anda tidak perlu membawa barang bawaan yang terlalu berat.
  • Cuaca: Pahami bahwa cuaca sangat menentukan keberhasilan pendakian atau penjelajahan alam terbuka. Anda harus terus memantau bagian ramalan cuaca sebelum melakukan pendakian.
  • Ketersediaan logistik: Sebelum melakukan penjelajahan Anda perlu untuk menentukan apakah ingin berkemah atau menggunakan jalur pintas. Pertimbangkan dengan matang hal ini sehingga Anda bisa membawa perlengkapan yang tepat.
  1. Bawa Perlengkapan yang Tepat

Anda dapat membagi perlengkapan yang dibawa bersama teman seperjalanan. Namun pastikan masing-masing dari Anda membawa camilan dan minuman sendiri-sendiri. Komunikasikan kepada teman seperjalanan kedepannya saat melintasi alam terbuka akan membawa apa saja.

Terdapat sejumlah perlengkapan yang harus dibawa pada saat memutuskan berkemah:

  • Ukuran tenda: Setiap orang yang hendak berkemah harus selalu mempertimbangkan ukurannya apakah memuat semua orang atau tidak. Jangan membawa ukuran tenda yang terlalu besar karena bisa memperberat barang bawaan.
  • Kompor & nesting: Setiap orang yang mendaki bersama grup besar biasanya akan membawa kompor lebih dari satu. Hal ini ditujukan supaya tidak perlu antri terlalu lama untuk masak makanan.
  • Peralatan dapur: Ada beberapa peralatan dapur yang wajib dibawa saat berkemah seperti panci, sendok, pisau, merica, dan garam. Penting juga untuk membawa spons kecil dan juga botol sabun ramah lingkungan.
  1. Bawa Perlengkapan Pribadi

Meskipun Anda pergi bersama rekan satu grup dalam jumlah besar tetapi tetap perlu membawa perlengkapan pribadi sendiri-sendiri. Kelengkapan pribadi yang harus dibawa:

  • Pakaian: Anda harus memastikan hanya membawa pakaian yang cepat kering saja. Jangan sampai bawa pakaian berbahan kapas karena perlu waktu lama saat dikeringkan. Hal ini juga memiliki tujuan lain agar tidak terkena hipotermia.
  • Alas kaki: Pada dasarnya kaki tidak mampu mendapatkan aliran panas sebanyak anggota tubuh lainnya. Pastikan untuk membawa cadangan kaos kaki bersih dan ditempatkan dalam plastik khusus. Bawa juga alas kaki berupa sandal yang nantinya dapat dipakai sekitar area kemah.
  • Ransel: Anda harus memastikan bahwa ransel yang dibawa selama penjelajahan nyaman dipakai. Ransel juga harus cukup kuat karena nantinya akan memuat barang sampai dengan 15 kg. Gunakan ransel yang tidak keras di bahu sehingga bahu tidak cepat pegal.
  • Sleeping bag: Hal lain yang tidak boleh terlupakan adalah membawa sleeping bag. Beli sleeping bag yang ringan sekaligus hangat sehingga cocok dibawa bepergian ke tempat yang dingin. Apabila Anda menjelajah di tempat yang tidak tinggi maka bahwa kantong tidur tipis saja.
  • Makanan: Jenis makanan yang dibawa biasanya berupa makanan beku dan kering. Makanan tersebut hanya perlu dimasak dengan air mendidih. Untuk membawa makanan dengan kalori tinggi dan juga protein.

Jadi itu semua adalah berbagai persiapan dan tips menjadi backpacker bagi pemula. Pastikan Anda membawa seluruh perlengkapan dengan baik agar bisa membuat perjalanan satu tim menjadi nyaman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *